Ibu Mayke yang baik, anak laki laki saya (8), saat ini duduk di kelas 2 SD. Belum lama ini saya dipanggil kepala sekolah karena dia melakukan kenakalan pada teman sekolahnya. Infonya, anak saya meremas alat kelamin teman sekelasnya. Lalu, ia juga suka “ melorotin” celana temannya. Atas hal ini pihak sekolah memanggil saya lalu menganjurkan agar berkonsultasi dengan psikiater/ psikolog karena anak saya dianggap memilik perilaku menyimpang.

Saya tentu saja kaget dan syok. Saya coba untuk menanyakan hal ini kepada anak, apa benar dia melakukan seperti yang dilaporkan pihak sekolah. Tapi anak saya tidak mengakuinya. Saya tidak tahu apakah itu jawaban jujur atau tidak. Apa yang harus saya lakukan, Bu Mayke? Saya ingin mendapat kepastian tentang hal ini. Apakah ada satu tes yang bisa memberikan gambaran atas perilaku ini? Terima kasih atas saran Ibu Mayke. Tetty Handayani – Jakarta.

Ibu Tetty, sebagai orangtua, tentu saja syok mendengar laporan guru tentang kelakuan anak. Saya sarankan segera konsultasi dengan psikolog klinis anak , untuk dicari tahu lebih lanjut mengapa dia melakukan hal itu dan yang paling utama adalah menanganinya. Ibu bisa menghubungi Klinik Terpadu Fakultas Psikologi UI, Kampus UI, Depok dan mendaftar terlebih dahulu melalui telepon (021) 7888 1150 atau 081510073561.

Alternatif lain ke Yayasan Pulih, telepon (021) 78842580, alamat Jl. Teluk Peleng 63 A. Kompleks AL, Rawa Bambu, Pasar Minggu. Ada beberapa dugaan mengapa anak melakukan hal tersebut. Dia pernah diperlakukan demikian oleh orang lain yang lebih tua usianya, pernah melihat ­ lm porno, atau melihat orang lain melakukannya pada seseorang, termasuk melihat orangtuanya bersetubuh. Usianya masih demikian muda, perlu dilakukan upaya agar perilaku tersebut bisa diatasi sesegera mungkin. Di rumah, orangtua lebih cermat mengamati kegiatan anak, dengan siapa dia bermain, ke mana dia pergi, apa yang dia lakukan sehari-hari.

Untuk anak yang ingin mahir dalam berbahasa asing dapat mengikuti les di kursus bahasa Jerman di Tangerang.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *