Membeli game di Steam

Pertanyaan yang sering muncul, “Berapakah harga game di Steam?”. Jawabannya pun bisa beragam. Ada game yang harganya normal, sesuai dengan harga retailnya di pasaran. Namun ada juga game yang didiskon dengan potongan yang lumayan besar (bahkan hingga 90%). Dengan potongan sebesar itu, game orisinal bisa saja mempunyai harga yang lebih murah daripada sekeping DVD game bajakan. Diskon ini biasanya muncul di saat-saat tertentu seperti saat liburan musim panas dan juga liburan musim dingin di negara asalnya. Tidak hanya diskon, game yang ada di Steam juga banyak yang tersedia secara gratis. Sebut saja game yang populer seperti Dota 2. (Game gratis seperti ini biasanya menyediakan app-in-purchase, atau layanan pembelian ketika Anda berada di dalam game seperti pembelian item tertentu yang ekslusif). Hal yang menarik adalah Steam ataupun publisher game tertentu juga bisa saja memberikan copy game secara gratis dengan durasi klaim tertentu, seperti dalam 24 jam, atau beberapa hari. Oleh karena itu, kita bisa saja mendapatkan game gratis dengan cara mengamati Steam Store sesering mungkin. Contoh dari game-game yang pernah diberikan oleh Steam atau Publisher secara gratis kepada komunitas Steam adalah Left for Dead 2, juga Sniper Elite V2, serta beberapa judul lainnya. Ketika batas waktu klaim yang diberikan sudah habis, game yang tersedia tadi akan kembali ke harga semula.

Berhubung ini termasuk transaksi online lintas negara, maka untuk dapat membeli game-game di Steam, Anda memerlukan Kartu Kredit dengan logo VISA/MasterCard. Anda juga bisa menggunakan akun PayPal. Operator Seluler seperti XL Axiata juga memberikan layanan untuk mengisi Steam Wallet, istilah untuk balance yang melekat di akun Steam. Selain itu, Anda juga bisa meminta orang lain untuk membelikan game yang Anda inginkan dengan feature “Gift”. Feature ini memungkinkan orang lain atau kita membeli judul game tertentu untuk diberikan kepada orang lain.

Pembelian game tidak hanya bisa dilakukan di website Steam. Website lain seperti Bundle Stars dan Humble Bundle juga menyediakan jasa pembelian game Steam. Pembelian game di luar website Steam terkadang justru lebih menguntungkan, karena kita bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan pembelian langsung melalui Steam sendiri. Melalui Humble Bundle misalnya, Anda bisa mendapatkan tiga judul game orisinal, bahkan lebih seharga 5 dollar AS saja. Jika Anda membeli game melalui website semacam ini, Anda akan mendapatkan Redeem Code yang bisa dimasukkan di Steam

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *