Taman Langsat

Pepohonan menjulang tinggi, serta kontur tanah yang semakin menukik menurun, menjadi ciri khas dari Taman Langsat, salah satu ruang hijau yang terdapat di Jalan Barito, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Berjarak hanya 1km saja dari Blok M, dan 500m dari Taman Ayodya, Taman Langsat tak memiliki popularitas seperti taman-taman kota lainnya. Namun, rimbunnya pepohonan di atas lahan luas, yang disertai sungai buatan kecil yang membelah taman, membuatnya begitu istimewa. Sayangnya, kebersihan taman ini masih kurang terjaga, mengingat banyaknya sampah menumpuk di sudut-sudut taman, dan air danau yang kotor.

Taman Suropati

Angin sepoi-sepoi, kerumunan burung merpat, hingga alunan suara instrumen biola dan saxophone, merupakan hal-hal manis yang bisa Anda temukan di Taman Suropat. Memang, taman yang terletak di antara pertemuan 3 jalan utama—Jalan Teuku Umar (Menteng Boulevard), Jalan Diponegoro (Orange Boulevard) dan Jalan Imam Bonjol (Nassau Boulevard)—ini merupakan taman yang paling populer di Jakarta. Tatanannya pun membuat para pengunjung betah berlama-lama di sana. Air mancur, rumah burung, hingga pelapis lantai bergambar kunci musik, membuatnya terlihat begitu artstk. Bahkan, taman yang awalnya bernama Burgemeester Bisschopplein ini memiliki monumenmonumen karya beberapa seniman di seluruh ASEAN. Salah satunya, monumen “Peace” yang merupakan karya Sunaryo, salah seorang seniman asal tanah air yang telah mendunia.

Taman Cattleya

Terletak berdekatan dengan Mal Taman Anggrek (MTA), tak banyak orang yang menyadari keberadaan taman seluas 4ha ini. Padahal, lokasinya berada di pinggir jalan raya, tepatnya di pinggiran tol Slipi, yang menuju ke arah Grogol. Taman Cattleya dilengkapi oleh area parkir yang luas, tempat duduk yang cukup banyak, serta paving block yang apik. Sayangnya, pencahayaan yang kurang membuat taman ini sering tak berfungsi dengan semestinya.

Taman Menteng

Sebagai fasilitas publik, taman yang terdapat di Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat ini, merupakan salah satu ruang komunal yang komplit dari segala sisi. Lahan luas yang ditanami lebih dari 30 spesies tanaman hias ini memiliki beragam fasilitas yang mampu memenuhi kebutuhan pengunjung. Area bermain anak, lapangan futsal, lapangan basket, hingga area parkir tersedia dengan apik. Bahkan, di Taman Menteng ini, terdapat pula 2 bangunan unik yang terbuat dari kaca. Fungsinya, menjadi ruang serba guna yang bisa digunakan untuk acara pameran, dan beberapa acara publik lainnya.

Taman Situ Lembang

Meskipun mengandung nama “Lembang”—serupa dengan nama kabupaten di Jawa Barat—taman ini berlokasi di daerah pusat kota Jakarta. Berada di Jalan Lembang, taman ini memang tak terlampau populer, seperti Taman Menteng dan Taman Suropati. Namun, danau buatan yang terdapat di tengah-tengah Taman Situ Lembang dapat menyejukkan mata Anda dalam seketika. Bangku-bangku batu tersedia di setiap sudut taman yang terletak tak jauh dari Taman Suropati ini. Wahana bermain anak, hingga jalan setapak re?eksi pun tersedia dalam Taman Situ Lembang. Lengkap, bukan?

Jakarta merupakan pusat perekonomian yang tiada hentinya seperti gedung- gedung bertingkat yang terus beraktivitas siang malam. Untuk itulah dibutuhkan sebuah genset sebagai sumber listrik alternatif. Harga genset yang murah bisa didapatkan melalui Distributor jual genset 1000 Kva di bandung yang selalu memberikan garansi resmi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *