Ditengah tren smartphone berlayar besar, tetap saja ada orang­orang yang justru lebih memilih smartphone berlayar normal atau sedang, Khusus bagi penggemar smartphone Android dari Sony, kini Anda bisa merasakan sensasi Sony Xperia Z1 dalam dimensi yang lebih bersahabat di kantong dan telapak tangan. Sebelumnya, CHIP sudah pernah menjajal Sony Xperia Z1. Ketika dihadapkan dengan versi mininya yang tak lain adalah Sony Xperia Z1 Compact, CHIP tak menemukan banyak perbedaan, kecuali dimensinya saja yang menyusut dari 5 inci menSoNy XpeRiA Z1 coMpAcT Lebih Kecil dan Lebih Kencang dari Xperia Z1 jadi 4,3 inci dan jenis layar yang kini sudah menggunakan panel IPS. Penyusutan dimensi dan predikat “compact” bukan berarti membuat performanya berada di bawah Z1.

Memang, layar 4,3 inci yang dimilikinya hanya menampilkan resolusi 1280 x 720 piksel, bukan full HD. Namun, resolusi 720p tersebut sudah sangat optimal dan pas disematkan di layar yang tak terlalu besar. Untuk mengoptimalkan kualitas la yarnya, Sony masih membekalinya dengan Triluminous Display. Masih berhubungan dengan resolusi 720p yang diusungnya, hal ini membuat performa Z1 Compact berada sedikit di atas Z1 atau smartphone sejenis seperti LG Nexus 5 maupun LG G2. Dengan CPU, RAM, dan GPU yang identik, performa grafis Z1 Compact lebih baik karena hanya mengolah grafis dengan resolusi 720p saja. Pada pengujian menggunakan AnTuTu v4, Z1 Compact meraih skor rata­rata 34.000.

Sedangkan Z1 rata­rata hanya meraih skor 32.000. Sama di luar, sama pula dalamnya. Semua feature yang ada pada Z1 nyatanya juga ada pada Z1 Compact. Feature yang paling menonjol tentu saja sertifikasi IP58 (tahan air dan debu) dan kamera utamanya yang mampu mengabadikan gambar hingga resolusi 20,7 MP serta video 1080p dengan 30 fps. Kedua keunggulan ini ternyata saling menguntungkan satu sama lain. Kamera Z1 Compact dapat memotret obyek di dalam air dengan optimal berkat adanya tombol shutter.

Sayang, Sony terlalu “pelit” karena tombol tersebut berukuran sangat mini, kurang lebih hanya 1 cm saja. Total, Z1 Compact memiliki tiga tombol fisik yang seluruhnya terletak di sisi kanan. Selain tombol shutter, juga ada volume jack dan tombol power. Ketiganya sama­sama berukuran mini dan sulit ditekan karena posisinya terlalu menjorok ke dalam. Sementara sisi kirinya dikhususkan untuk menampung microSD, micro SIM, dan port daya. Seluruhnya dilindungi dengan penutup agar air dan debu tak mudah masuk.

Namun khusus pada jack audio 3,5mm di bagian atasnya, Sony membiarkannya terbuka. Sony meletakkan sepaker Z1 Compact di sisi bawah. Ada untungnya, ada pula ruginya. Untungnya, suara yang dihasilkan tak terganggu ketika dibaringkan di atas meja. Ruginya, lubang speaker akan tertutup tangan ketika Anda menggunakannya secara horizontal, terutama saat menonton video atau bermain game.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *