Tips Agar Menang Lomba Fotografi – Saat ini begitu banyak lom- ba fotogra diadakan, baik untuk profesional dengan kamera SLR atau untuk umum dengan kamera ponsel. Termasuk untuk mengisi waktu saat Ramadan seperti sekarang. Bagi amatiran, lomba foto penting untuk eksistensi diri. Untuk fotografer profesional, lomba foto amat penting sebagai sarana promosi gratis. Banyak fotografer profesional mencantumkan prestasi lomba foto di biodatanya. Berikut beberapa tips mengikuti lomba fotogra dari para fotografer

Percaya diri.

Tak perlu berkecil hati meskipun kamera kamu kurang canggih. Apapun kameranya, yang penting adalah pemotretnya.

Pelajari aturan lomba secara detil.

Maksudnya, bila penyelenggara lomba tak jelas, aturannya juga tak jelas dan tak lengkap, kamu harus mempelajarinya. Jangan keluar dari tema yang telah ditentukan panitia.

Ide foto unik.

Ide bagus terlihat dari angle atau momen yang diambil. Pada beberapa foto yang bersudut pandang sama, maka juri hanya mengambil satu foto saja.

Siapkan alat.

Siapkan kamera terbaik yang kamu miliki atau bisa kamu pinjam, tapi jangan memaksakan diri. Alat terbaik memang penting, tapi sebuah foto bagus tak harus dibuat dengan alat tercanggih.

Siapkan memori dan baterai.

Memori cukup besar harus tersedia agar leluasa mengambil banyak foto sekaligus dan bereksperimen dengan objek yang ada, dalam resolusi tinggi. Baterai juga harus terisi penuh dan jangan lupa selalu siapkan powerbank sebagai cadangan.

Foto bagus saja tak cukup.

Foto bagus saja tak cukup, tapi foto Anda harus lebih bagus daripada foto-foto lain. Juri hanya tertarik pada foto yang menonjol alias unik.

Kirim foto sebanyak mungkin.

Makin banyak foto dikirim, makin besar peluang menang. Pelajari aturan lomba, kirim sebanyak batas maksimal yang diperbolehkan panitia.

Mental juara.

Kamera ponsel sebagus apapun tak bakal jadi foto bagus jika mental penggunanya rendah diri. Bangun keyakinan bahwa objek yang kamu bidik memang benar-benar disiapkan untuk menang lomba, buka hanya untuk iseng-iseng atau asal kirim saja.

Pelajari medan.

Jika lomba berupa hunting bareng ramai-ramai, kunjungi lokasi lomba sebelumnya. Pikirkan ide di lokasi agar pada saat lomba lebih mudah menyiapkan foto menarik. Meski lokasi foto sama, kejelian mengambil angle sangatlah penting penting agar hasil foto menonjol. Sebaiknya, jangan buat foto yang sama anglenya dengan peserta lain.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *